Kaliantan Beach


PANTAI KALIANTAN
Hi guys, have u ever been hear Kaliantan Beach? If u looking for beautiful and unique place (beach), this is recommended

            Pantai ini terletak di kecamatan Keruak +95 km dari Mataram melalui Praya-Ganti-Keruak-Jerawaru atau rute Mataram-Masbagik-Pancor-Sakra-Keruak-Jerowaru.
            Panorama pantai berpasir putih membentang dari Timur ke Barat menghadap Samudera Indonesia, ini terkesan sepi karena jauh dari desa pemukiman penduduk. Di sekitarnya terdapat perladangan dan areal penggembalaan kerbau, sementara di sebelah timur terdapat Dusun Nelayan Tradisional (Dusun Srewe).
            Laut Sorga, yang dinamai demikian karena keindahannya. Di pantai Laut Sorga ombaknya cocok untuk olahraga berselancar. Pantai Kaliantan menyimpan misteri dan kesan tersendir bagi masyarakat wilayah selatan karena legenda Putri Mandalika (Nyale) pada akhir kisah dari legenda Putri Raja yang cantik bernama MANDALIKA NYALE yang menjadi rebutan beberapa orang Pangeran menceburkan diri ke laut dan berubah menjadi binatang laut yang menyerupai cacing yang oleh masyarakat keludian dinamakan NYALE sudah sejak lama, turun-temurun menyelenggarakan Pesta Rakyat Menangkap Nyale. Di pantai Kaliantan waktu antara bulan Februari – Maret menjelang berakhir musim hujan. Dalam pesta rakyat yang cukup semarak itu diselenggarakan beberapa acara antara lain : menyisi, menangkap nyale, dan belancaran. Menyisi diselenggarakan sehari sebelum turun ke laut menangkap nyale. Sore hari setelah berdandan, bersolek, rombongan pemuda dan rombongan pemudi terpisah dan terdiri dari beberapa kelompok menyusuri pantai, begitu bertemu kelompok pemuda dan kelompok pemudi saling menatap dan berbalas pantun untuk bertemu pada malam harinya. Pada malam hari kelompok pemudi menerima kunjungan kelompok pemuda di kemahnya disaksikan oleh orang tua sang dari mereka berbalas pantun sampai menjelang fajar. Menjelang saat fajar itu semua pengunjung berhamburan turun ke laut untuk menangkap nyale.



            Nyale dijadikan berbagai masakan seperti panggang yaitu nyale dibungkus dengan daun elapa atau daun pisang kemudian dipanggang di atas bara apai yang dalam bahasa Sasak disebut LEPETAN NYALE.

Comments